Sabtu, 13 November 2010

Gunung Gunung di Jepang

Gunung Fuji


Gunung Fuji  adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka,Sai Motoso dan Shoji. Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karyaseni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan.
        
Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sebuah gunung berapi yang kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah, Fuji terakhir kali meletus pada tahun 1707. Terdapat lima danau di sekeliling Fuji, yaituDanau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu dan Danau Shoji.
        
Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30% di antaranya orang asing. Tenggat waktu yang paling populer bagi para pendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam.

Gunung Asama


Gunung Asama adalah gunung api aktif yang terletak sekitar 145km barat laut dari pusat kota Tokyo. Ia adalah salah satu dari 108 gunung api yang ada di Jepang.

Gunung ini bertipe strato dan memiliki catatan letusan yang panjang. Letusan terakhir terjadi tanggal l2 Februari 2009 yang menyebabkan hujan abu di sebagian Metropolitan Tokyo. Letusan ini dimulai dini hari pukul 01.51 waktu setempat dan melontarkan batuan hingga 1km dari pusat letusan. Wilayah dalam diameter 4km dari gunung ini dibersihkan dari penduduk dalam kejadian ini. Sebelumnya, gunung ini tercatat meletus pada bulan September 2004. Letusan pada tahun 1783 menewaskan 35.000 jiwa.


Gunung Suribanchi


Gunung Suribachi (摺鉢山 Suribachiyama) adalah gunung berapi tipe kerucut piroklastik dari batuan andesit yang tingginya 169 meter. Letaknya di bagian barat daya Iwo Jima, sebuah pulau yang berada 1.200 km selatan Tokyo.

Sejak tahun 1889, pemerintah Jepang mencatat gunung ini telah meletus sebanyak 16 kali. Letusan yang terakhir terjadi pada tahun 1957. Letusan berlangsung selama 65 menit, dan menciptakan kawah dengan diameter 35 meter dan kedalaman 15 meter di dekat bekas landas pacu peninggalan Perang Dunia II.


Gunung Kaldera Aira

 Sakura-jima from space.jpg


Kaldera Aira adalah kaldera vulkanik raksasa di selatan Kyūshū, Jepang. Kaldera ini terbentuk oleh letusan besar kira-kira 22.000 tahun yang lalu. Kota utama Kagoshima, Kagoshima dan gunung berapi Sakurajima berusia 13.000 tahun ada di kaldera.


Gunung Sakurajima


Sakurajima (桜島) adalah sebutan untuk gunung api stratovolcano dan nama bekas pulau (sekarang sudah terhubung dengan daratan) di Prefektur Kagoshima, Kyushu,Jepang. Lelehan lava akibat letusan tahun 1914 menyebabkan Pulau Sakurajima terhubung dengan Semenanjung Ōsumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to Discussion Board